Cara Menggabung dan Memecah File Film dengan HJ-Split

Mengapa file film tersebut perlu di pecah?



Beberapa orang pasti masih ada yang binggung kenapa sebagian file seperti video itu dipecah. Nah file seperti film tersebut dipecah menjadi beberapa bagian karena untuk bertujuan agar mempermudah proses upload maupun download. Ukuran file film biasanya cukup besar ada yang 500mb sampai dengan 5gb yang memiliku resolusi tinggi hingga berkualitas 3D. Dengan ukuran yang besar inilah membuat para uploader film sering memecah file tersebut.


Pada saat kita mendownload film, terkadang berbentuk part-part an. Nah di sini saya akan memberi tutorial bagaimana cara menggabung dan memecahkan file film dengan aplikasi bernama HJ-Split. Langsung saja kita mulai.

Cara Menggabungkan File Film Dengan HJ-Split:

  • Download terlebih dahulu aplikasi HJ-Split yang kita perlukan di sini. (Download HJ-Split)
  • Setelah selesai mendownload, Extract file tersebut kemudian buka HJ-Splitnya.
  • Setelah aplikasi terbuka, pilih menu join.
  • Klik Input File dan cari dimana anda meletakkan file film yang tersimpan.








  • Tahap terakhir yaitu klik Start dan tunggu hingga proses penggabungan selesai. 

  • Catatan:
    Di sini hanya akan terlihat satu file saja yaitu nama_file.mkv001 , tetapi pada kenyataannya terdapat lebih dari 2 buah file. Pastikan ke semua file tersebut sudah memiliki nama yang sama namun ekstensi file tersebut urut, contohnya: 
    nama_file.mkv001, nama_file.mkv002, nama_file.mkv003, nama_file.mkv004, nama_file.mkv005. Aabile nama ekstensinya tidak sama, maka rename file tersebut dan urutkan seperti contoh.


    Sangat mudah sekali menggabungkan file film dengan HJ-Split. hanya membutuhkan 1-5 menit untuk itu. Selanjutnya memecah file film dengan HJ-Split.


    Cara Memecah File Film Menggunakan HJ-Split:
    • Buka aplikasi HJ-Split, sekarang pilih menu split.

    • Klik Input file dan cari dimana anda menyimpan sebuah film yang masih utuh.

    • Pada kotak Split File Size isikan sesuai yang anda inginkan dan ganti satuannya menjadi Mbytes

    • Klik Start dan tunggu hingga proses selesai, proses ini membutuhkan waktu 1-5 menit tergantung ukuran file
    • Setelah selesai, coba cek folder keluaran yang telah anda atur, maka di sana akan terlihat file-file yang telah terpecah yang memiliki format seperti  nama_file.mkv001nama_file.mkv002, nama_file.mkv003 dan seterusnya.
    Artikel terkait: cara menggabungkan video mp4, cara menyatukan video, gabung video, menggabungkan video, menyatukan video, HJ-Split free download

    Postingan terkait:

    3 Tanggapan untuk "Cara Menggabung dan Memecah File Film dengan HJ-Split"

    1. Ini untuk winrar bisa gak gan,maaf baru mengerti Komputer

      BalasHapus
      Balasan
      1. Bisa bro, cara gabungin sama mecahin file semua bisa. Cuman kalo winrar, pecahannya itu harus hasil HJ split. Kalo pecahannya itu ada icon winrar, itu mecahnya dari winrarnya sendiri dan itu ngak bisa pake HJ-Split. lebih baik gabunginnya pake winrarnya aja. Dengan cara taruh semua pecahan winrarnya di satu folder kemudian extract file yang paling atas (part1).

        Hapus
      2. Tambahan, semua file bisa dipecah dan digabungin pake HJ-Split contoh: aplikasi, winrar, word, dll. Cuman untuk winrar, tidak semua bisa digabungin.
        Yang bisa digabungin dengan HJ-Split adalah pecahan winrar yang iconnya seperti lampiran kertas kosong dan berformat belakang seperti (.rar.001, .rar.002, .rar.003, dst). Tapi kalau mecahnya pake winrar sendiri, maka formatnya pasti (.part1, part2, part3, dst.) dan itu tidak bisa digabungkan dengan HJ-Split harus pakai winrar.

        kesimpulan:
        ~Untuk memecahkan file, semua bisa dipecah dengan HJ-Split.
        ~Untuk menggabungkan file, harus menggunakan file hasil dari pecahan HJ-Split.

        Hapus